Jumat, 07 Maret 2014

Mengganti Password Pengguna di Linux Ubuntu

Sebelumnya kita sudah membahas perintah dasar terminal tentang Cara Menyalin (Copy) File menggunakan Terminal, sekarang saya ingin melanjutkan tutorial lainnya. Jika kalian masih baru menggunakan Ubuntu, mungkin kalian agak kesulitan cara mengganti password pengguna di linux ubuntu. Pasalnya perintah harus dimasukkan pada terminal untuk melakukannya. Penggantian password bisa jadi karena masalah keamanan, tentu akan merasa lebih mudah mengganti password di Windows daripada Ubuntu.

Mengganti password merupakan salah satu perintah dari terminal. Mungkin ada yang kesulitan karena masih awam dengan ubuntu, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Buka terminal dengan cara klik Home → ketikkan terminal → pilih terminal atau juga bisa dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T.
  2. Kemudian masukkan perintah "sudo passwd" tanpa tanda petik, lalu enter.
  3. Ketik password yang sedang kamu pakai, ini bersifat invisible (tidak terlihat) lalu enter.
  4. Lalu masukkan password baru (invisible) → enter.
  5. Ketik lagi password baru tadi → enter.
  6. Jika sudah ada pernyataan "password updated successfully"  berarti password pengguna berhasil diganti.
    Mengganti Password Pengguna di Linux Ubuntu
Mudah bukan cara mengganti password pengguna di Linux Ubuntu? Hanya dengan sedikit langkah dengan memasukkan perintah ke dalam terminal password sudah bisa diganti. Oke, yang terakhir nanti saya akan membahas cara menambah jumlah pengguna di Linux Ubuntu. terus ikuti tutorialnya ya, selamat mencoba dan keep coding! ^^
Komentar Disqus