Senin, 17 Maret 2014

Jenis-jenis Variabel pada Java

Kali ini saya akan membahasa jenis-jenis variabel pada Java setelah kemarin membahas bahagaimana cara menginstal Netbeans IDE. Apakah kalian sudah menginstalnya? Tentu sudah bukan. Nah langsung saja kita simak di bawah ini tentang variabel pada Java.
Jenis-jenis Variabel pada Java
 
Variabel merupakan hal yang tak terpisahkan dari yang namanya bahasa pemrograman, mulai dari bahasa assembly hingga bahasa tingkat tinggi. Variabel adalah suatu karakter yang berfungsi menampung suatu nilai, variabel ini ada yang nilainya berubah-ubah sesuai operasi atau tetap. 
 
Jenis-jenis Variabel Java memiliki beberapa jenis variabel yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  1. Instance Variables (tidak statis). Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu kelas dapat dijelmakan ke dalam beberapa objek. Nilai yang terkandung dalam variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya.
  2. Class Variables (statis). Variabel ini merupakan bagian integral dari suatu kelas, dan tidak ada satu objek pun yang dapat menyatakan kepemilikan atas variabel ini. Variabel yang dideklarasikan sebagai statis digunakan bersama oleh semua objek. Variabel ini lebih bersifat global yang nilainya sama untuk setiap objek pada kelas yang bersangkutan.
  3. Local Variables. Variabel ini didefinisikan di dalam suatu metoda (method) atau dalam suatu prosedur. Variabel ini bersifat lokal karena hanya dapat diakses oleh metoda atau prosedur tersebut. Parameter. Paramater atau argumen adalah variabel yang digunakan pada saat suatu metoda atau prosedur dipanggil. Parameter berguna untuk memberikan nilai awal untuk diteruskan (pass) ke dalam suatu prosedur atau metoda.
Nah, itulah jenis variabel dalam Java. Semoga tulisan ini dapat membantu sobat dalam menentukan variabel yang tepat dan mudah diingat untuk program sobat nantinya. Selamat belajar dan happy coding! ^^
Disqus Comments