Minggu, 12 Januari 2014

Struktur dan Macam-macam Bus pada Komputer


Setelah lama saya belum update, sekarang kembali ke materi dasar komputer yakni struktur dan macam-macam bus pada komputer. Bus merupakan jalur yang menghubungkan antarmodul sehingga dapat saling berkomunikasi.

Struktur bus dalam komputer secara sederhana dapat anda cermati seperti gambar di bawah ini.
Struktur dan Macam-macam Bus pada Komputer
Struktur Bus pada Komputer
Dapat dengan jelas dilihat bahwa setiap modul terdapat bus-bus tersendiri seperti PCI bus, Expansion bus, dan SCSI bus. PCI bus merupakan bus utama yang terhubung dengan perangkat utama sebuah komputer, SCSI bus merupakan bus pada penyimpanan sekunder yang terdapat alat penyimpanan seperti disk, dan expansion bus merupakan bus untuk perangkat tambahan atau biasa disebut periferal sehingga bus ini juga disebut I/O bus. Struktur sederhana I/O bus dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Struktur dan Macam-macam Bus pada Komputer
Struktur I/O Bus
Macam-macam bus:
Dalam bus, terdapat 3 macam bus yang mempunyai tugas masing-masing untuk hubungan antarmodul. Berikut ulasannya.
  1. Bus Data → merupakan jalur-jalur perpindahan antarmodul dalam sistem komputer. Baik lebar maupun jumlah saluran menentukan kinerja sistem komputer.
  2. Bus Alamat → Untuk menandakan lokasi sumber dan tujuan pada proses transfer data. Pada saluran ini, CPU akan mengirim alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
  3. Bus kontrol → digunakan untuk menngotrol izin akses ke data bus dan address bus. Jadi sebelum data masuk/keluar untuk ditulis atau dibaca, akan dikontrol terlebih dahulu agar benar-benar valid.
Sekian materi dasar komputer tentang struktur dan macam-macam bus pada komputer. Setelahnya kita akan semakin dekat dengan software dan perintah-perintah dasar pada komputer. Happy coding!
Komentar Disqus